Sunday, May 1, 2011

Peran IT terhadap dunia Pendidikan

Perkembangan Teknologi IT telah memicu kecenderungan pergeseran paradigma dalam dunia pendidikan dari pendidikan konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Global). Dengan masuknya pengaruh globalisasi ini, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dengan alur dua arah, sangat beragam, multidisiplin keilmuan, dan kompetitif.

Ada kecenderungan dunia pendidikan mendatang mengarah pada :

* Berkembangnya pendidikan secara terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning).
* Sharing resource (berbagi informasi dan sumber daya) antar lembaga dalam sebuah jaringan.
* Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya (guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi yang utama.
* Penggunaan perangkat Teknologi Informasi secara interaktif, seperti berkembangnya Multimedia, data, audio dan video.

Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara murid dengan guru, melihat nilai secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal, mengirimkan tugas yang diberikan guru dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan.

Faktor utama dalam pembelajaran jarak jauh / distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara guru dan murid. Namun, dengan adanya media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi tersebut secara real time (waktu nyata).

Dalam bentuk real time dapat dilakukan dengan cara chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. dapat pula dilakukan dengan cara tidak real time, seperti dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas interaksi guru dan murid di kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%.

Materi materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh siswa dimanapun (tidak tergantung pada lokasi). Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh guru dapat pula dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung dengan metode pembayaran online yang sekarang mulai marak dikembangkan.

Dengan adanya sistem ini, setidaknya memberikan pencerahan untuk menyambutnya. apakah peran IT yang ada di lembaga ini sudah memanfaatkan secara maksimal. Demikian cepat perkembangan yang ada, setidaknya mengikuti bahkan menelorkan ide ide pembaharuan yang inovative dalam pemanfaatan peran IT di dunia pendiikan.

No comments:

Post a Comment